Selasa, 24 Desember 2013

Benang Itu Namanya E-learning

Diposting oleh Aughi Nurul Aqiila di 14.40
"Kenapa sih liburan gini harus dikasih e-learning segala?" - Lila, 14 th
     Di tengah liburan yang suntuk ini ada satu tugas yang terdampar dalam kewajibanku. Salah satu tugas yang memang diberikan hampir setiap libur semester. Entahlah. Tugas ini hanya bisa diakses melalui internet, mengerjakannya menggunakan komputer/laptop, dan tugas ini yang bikin aku selalu kesal jika koneksi internetku sedang ngambek.
     Sekolahku, SMP Negeri 2 Semarang memang sudah beberapa tahun lalu mencoba mengenalkan metode pendidikan baru yaitu e-learning. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam penerapannya sekolahku memberi soal-soal dengan metode e-learning untuk dikerjakan selama liburan semester. Nilainya akan direkap kemudian masuk dalam perhitungan nilai rapor. Kalau sudah begini, aku biasanya langsung meluncur ke sinau.smpn2-smg.com


Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan. 

      Nah, walaupun aku selalu kesal dengan tugas ini, entah karena mengurangi waktu santaiku atau mungkin koneksi yang selalu bikin badmood, e-learning memiliki beberapa keuntungan bagi aku dan sekolahku :

1. Mempererat hubungan siswa dan guru. Ini nih salah satu yang bikin aku bersukur ada e-learning. Karena aku tak perlu susah-susah mencatat soal yang diberikan guru, karena sudah tersedia di internet dan mengaksesnya. Aku jadi tak perlu sebal dengan guru itu yang biasanya bikin pegal hahaha. Selain itu sekolahku selalu menggunakan LIVE CHAT jika proses pengerjaan e-learning sedang berlangsung. Jadi setiap siswa bisa bertanya langsung pada guru jika ada masalah dengan pengerjaan e-learning melalui chat. Ohya, sekolahku juga memiliki akun twitter e-learning sendiri untuk memudahkan siswa bertanya pada guru terutama guru IT tentang kesulitan dalam proses pengerjaan. Ini twitternya :



2. Mempererat hubungan siswa dengan siswa. Salah satunya adalah dengan datangnya teman-teman ke rumahku untuk mengerjakan e-learning bersama. Kalau ada e-learning juga pasti fb dan twitter ramai diskusi mengenai e-learning yang menjadikan kami dekat Antara satu dengan yang lain.

3. Mempermudah guru. Jelas saja e-learning memudahkan guru karena nilai dan data yang masuk langsung direkap oleh computer. Tidak perlu harus menulis satu per satu. Selain itu siswa dapat mengetahui kunci jawaban soal secara langsung jika telah mengerjakan e-learning. Guru tidak perlu repot-repot menyita waktu hanya untuk membahas soal.

4. Menarik minat belajar siswa. Soal-soal yang harus kami kerjakan dalam konsep e-learning biasanya berbentuk seperti kuis. Dengan tampilan penuh warna yang menyegarkan mata dan pikiran. Bukan pandangan kertas buram yang membosankan seperti jika kita mengerjakan soal biasa. Wuih!


Kami guru dan siswa.
 
Berada di bawah naungan atap sekolah yang sama, berpijak pada tanah sekolah yang sama. Namun ada benang baru. E-learning, itulah benang merang antara kami. Apa yang menyambungkan kami jika kami terpisah dalam atap dan tanah yang berbeda.

4 komentar:

Unknown on 24 Desember 2013 pukul 17.05 mengatakan...

Kak enak ya sekolahnya pakai e-learning. Tapi itu menyulitkan muridnya nggak sih? Kan nggak semua murid bisa pakai internet hehe

Aughi Nurul Aqiila on 24 Desember 2013 pukul 17.41 mengatakan...

Halo meisha :) selama belum mencoba nggak ada kata sulit kok :) kan di sekolahku ada twitter khusus e-learning dan LIVE CHAT, jadi kita bisa tanya-tanya kalau kesulitan. Lagipula kita jadi bisa sambil belajar pakai internet kan? hehehe

Gandi on 25 Desember 2013 pukul 04.34 mengatakan...

Selamat malam. Boleh tanya? Menurut anda bagaimana sistem e-learning di indonesia sekarang ini?

Aughi Nurul Aqiila on 25 Desember 2013 pukul 18.10 mengatakan...

Sistem e-learning di Indonesia sudah baik. Namun kendalanya masih banyak terdapat pada koneksi internetnya. Bahkan menurut @WOWfakta kecepatan akses internet di Indonesia urutan ke 104 di dunia :)

Posting Komentar

 

TITTLE Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos