Sabtu, 26 Oktober 2013

Yuk, Peduli Sanitasi!

Diposting oleh Aughi Nurul Aqiila di 22.52
Sanitasi. Apa sih itu?

      Sanitasi itu perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. Pilar sanitasi itu ada tiga.
1. Sampah
2. Air Limbah
3. Drainase
Sayangnya sanitasi kurang berkembang di Indonesia. Bahkan ada berita yang menyebutkan bahwa Indonesia urutan kedua sanitasi terburuk di dunia.

Solo, Antara Jateng - Assistant Brand Building Manager Domestos Toilet Cleaner dan Vixal PT Unilever Indonesia Tbk, Johan Mantik, mengatakan berdasarkan data yang dikeluarkan PBB disebutkan bahwa Indonesia menduduki urutan kedua di dunia sebagai negara dengan sanitasi buruk.

Johan Mantik pada acara "World Toilet Summit 2013" di Solo, Rabu, menyebutkan, masih mendasarkan data tersebut, sebanyak 100 juta dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia belum memiliki akses sanitasi yang baik.

Menurut dia, data global pada 2010 mengungkapkan bahwa 63 juta penduduk Indonesia tidak memiliki toilet dan masih buang air besar (BAB) sembarangan di sungai, laut atau di daratan, kata
Demikian pula toilet sekolah di Indonesia, katanya, kondisinya masih banyak yang memprihatinkan.
Ia mengatakan, menurut Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) masih sering dijumpai kondisi toilet sekolah yang gelap dan bau di tempat anak-anak Indonesia menimba ilmu. "Masih banyak banyak toilet sekolah yang kurang higienis, kondisi ini menjadi keprihatinan semua pihak yang terkait, seperti murid, orang tua, dan guru," katanya.

Ia mengatakan, saat ini baru 55 persen masyarakat Indonesia yang dapat menikmati akses sanitasi sehat dan toilet higienis. Hal ini artinya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mempunyai akses sanitasi sehat dan toilet higienis.

Padahal, lanjut dia, toilet yang tidak higienis merupakan sumber kontaminasi berbahaya untuk sejumlah kuman penyebab penyakit seperti diare, typus, dan muntaber.

Dikatakan sanitasi dan perilaku kebersihan yang buruk serta air minum yang tidak aman memberikan kontribusi terhadap 88 persen kematian anak akibat diare di seluruh dunia.

"Toilet sekolah merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan untuk menciptakan sebuah lingkungan yang sehat bagi warga sekolah, khususnya anak-anak," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, PT Unilever melalui salah satu brandnya Domestos menginisasi Gerakan Toilet Higienis Demestos yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kehigienisan toilet.

Ia mengatakan, dengan senantiasa yang baik dan kondisi toilet yang higienis menjadi salah satu langkah awal membentuk manusia Indonesia yang sehat dan kuat.

Ia mengatakan sebagai agen perubahan anak-anak sekolah perlu terbentuk perilaku sehatnya agar memahami bagaimana toilet yang sehat, dan cara memeliharanya.

Melalui, kegiatan "Gerakan Toilet Higienis Demestos (GTHD)" yang berfolus pada higienis toilet di sekolah dasar ini telah berlangsung sejak 2011 dan telah melakukan edukasi di sekolah-sekolah yang tersebar di 26 kota di Indonesia. Hingga kini GTHD telah melibatkan 320.000 murid sekolah dasar di lebih dari 1.900 sekolah.

Dikatakan hal ini sejalan dengan Unilever Sustainable Living Plan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan yang pada 2020 Unilever mempunyai target membantu lebih dari satu miliar penduduk untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat mereka.

Johan mengatakan, tahun ini Domestos tidak hanya berpartisipasi dalam World Toilet Summit tetapi juga melakukan berbagai kegiatan edukasi dan sosialisasi di antaranya edukasi tentang perilaku toilet higienis kepada 350.000 murid sekolah dasar di Indonesia bekerja sama dengan UNICEF.

Pada perayaan ini Domestos akan membersihkan 6.000 toilet di 1.400 sekolah dasar di Indonesia secara serentak untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya toilet higienis.

(sumber : www.antarajateng.com)

Mengerikan bukan? Itu baru dari salah satu pilar sanitasi, yaitu air limbah. Lalu bagaimana dengan pilar sampah dan drainase? Apakah sudah baik di negeri kita tercinta ini?

       Sebagai generasi muda kita harus peduli sanitasi. Gimana caranya? Bisa dilihat selengkapnya di sini

Blog Si Gerus adalah blog peduli sanitasi. Yuk segera kunjungi!
............................................
Satu tangan terulur dari kalian buat kemajuan sanitasi Indonesia sangat berarti
............................................
Yuk, bersama kita peduli sanitasi!

0 komentar:

Posting Komentar

 

TITTLE Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos